Ngaji Al Qur’an

“Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

Dengan semangat belajar memperbaiki bacaal Al Quran diantara karyawan karyawati KSPPS Umat Sejahetara Mulia, setiap senin pada pukul 16.00 WIB dilaksanakan ngaji Al Qur’an metode yanbu’a yang diasuh oleh Bapak Kyai Mukhdori Al Hafidz.

Metode Yanbu’a pada awalnya merupakan sebuah metode baca tulis Al-Qur’an yang disusun oleh pengasuh Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Jawa Tengah, di antaranya adalah KH. M. Ulin Nuha Arwani, KH. M. Manshur Maskan, dan KH. M. Ulil Albab Arwani. Salah satu tujuan dari disusunnya metode ini adalah untuk menyelaraskan metode baca tulis Al-Qur’an yang telah ada, seperti metode Iqro’, metode Qiro’ati, metode Ummi, metode Baghdady, dan lain-lain. [3] Awal mula dari dibentuknya metode yanbu’a ini adalah berawal dari usulan alumni Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an dari cabang Kudus dan Jepara Jawa Tengah, agar para alumni selalu ada hubungan dengan pondok, disamping usulan dari masyarakat luas juga dari Lembaga Pendidikan Ma’arif serta Muslimat terutama dari cabang Kudus dan Jepara. Awalnya pengasuh tidak menyetujui usulan tersebut. Namun, pada akhirnya pengasuh Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an menyetujui usulan tersebut. Dalam rangka menjaga dan memelihara keseragaman bacaan, maka dengan tawakal dan memohon pertolongan kepada Allah tersusunlah kitab YANBU’A oleh KH. Ulil Albab dan KH. Ulin Nuha (Pengasuh Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an, Kudus). Kitab tersebut meliputi Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal Al Qur’an.[2] Dalam proses penulisan buku ajar metode Yanbu’a ini awalnya terlaksana pada tanggal 22 November 2002 atau 17 Ramadhan 1423 H. Namun baru diterbitkan dua tahun setelahnya, yaitu pada tahun 2004.

Dengan program ini harapannya karyawan yang bacaannya masih kurang tartil menjadi lebih baik dan memotivasi untuk lebih dekat dengan Al Qur’an dengan membacanya. Prpgram yang bertempat di Rumah Pintar Gedung Baitul Maal Umat Sejahtera ini juga terbuka bagi masyarakat umum yang ingin memperbaiki bacaan Al Qur’annya. Semoga kita termasuk orang- orang yang dekat dan cinta Al Qur’an. Allahummarhamna Bil Quran

Sumber

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.